Apa Itu Public Speaking ?

 


Pada hari sabtu 19 november 2022 telah diakannya webinar yang diselenggarakan oleh himatif dengan pemateri utama yaitu nur alamsyah selaku mahasiswa stmik jabar dan dibantu oleh  moderator yaitu itmam fauzi dari stmik jabar pula. Webinar tersebut bertemakan "Public Speaking Di kalangan mahasiswa" sangat menarik bukan ? . Oke mari kita bahas lagi yuk sedikit tentang webinar tersebut

Manusia adalah mahluk sosial yang berhubungan secara timbal balik dengan manusia lainnya. Kita perlu berinteraksi dengan orang lain dan mahluk sosial lainnya. Interaksi sosial dapat dilakukan dengan berbicara, mendengar , berkumpul  , berorganisasi dan sebagainya. Sederhananya interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara individu ataupun kelompok untuk menjalin pertemanan , diskusi, bekerja sama , dalam kehidupan bermasyarakat.

Berbicara di depan umum merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menyampaikan atau mempresentasikan secara lisan suatu masalah atau topik di depan banyak orang. Namun tak dapat kita pungkiri banyak sekali hambatan saat kita berbicara di depan banyak orang. Seperti nervous , kurang percaya diri , gugup , gemetar , bahkan sering kali kita lupa akan materi yang akan disampaikan. Akan tetapi hal tersebut bisa di latih dan dikembangkan.

Lalu bagaimana cara melawan rasa gugup tersebut ?

  1. Mempersiapkan dan melakukan latihan

  2. Mencari pengalaman

  3. Melakukan kegiatan fisik

  4. Menganggap demam panggung adalah hal yang wajar

  5. Yakin pada diri sendiri bahwa mampu melakukannya

contoh umum seperti saat kita melakukan presentasi terkadang kita merasakan hal hal tersebut , namun berikut ada tips-tips agar presentasi kalian tidak membosankan dan sangat mengesankan.

Pada saat membuka presentasi hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut

  1. Memberikan pujian tulus kepada audiens

  2. Mengajukan pertanyaan 

  3. Mengutip pendapat

  4. Memberikan pertanyaan 

  5. Menceritakan lelucon 

Lalu saat akan menutup presentasi yang mengesankan berikut hal hal yang harus diperhatikan

  1. Membuat ringkasan / kesimpulan materi

  2. Kutipan

  3. Pernyataan motivasi

  4. Tantangan untuk segera bertindak

  5. Lelucon yang relevan

  6. Mengulangi manfaat

  7. Meminta audiens meneriakan slogan tertentu

Kemampuan berbicara memang sangatlah penting untuk kehidupan kita. Banyak pula hambatan yang harus dihadapi saat melakukan public speaking yang dimana kita menjadi pusat perhatian banyak orang. Akan tetapi kita bisa terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan berbicara kita


see you next time

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Public Speaking ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel