MEMBANGUN BISNIS ONLINE DIBANGKU KULIAH

By Media Kampus SJ - 00:48


 

MEMBANGUN BISNIS ONLINE DI BANGKU KULIAH_HIMASI STMIK JABAR

Penulis : div kepenulisan

Media Kampus SJ

Hallo temen-temen STMIK JABAR, wahh masih setia aja deh kalian di blog kita. 

Makasih yah buat itu. 

Pada blog kali ini aku mau ngebahas webinar yang diadakan oleh HIMASI STMIK JABAR yang berjudul MEMBANGUN BISNIS ONLINE DI BANGKU KULIAH pada tanggal 3 April 2021 tadi pagi pukul 10.00 WIB. 

Hayoo siapa yang tadi ikut dalam acara webinar? Di webinar kali ini di sampaikan oleh 2 pemateri Loh. Siapa aja sih kak?  Yaitu ada bapak Yudi Rusmawan selaku COO at CV Teknologi Aplikasi Cerdas, dan juga ada kang Randi nih selaku mahasiswa STMIK JABAR Semester 2 dengan moderator yang dibawakan oleh th  Rismayanti mahasiswa dari STMIK JABAR Semester 4.

 Untuk kalian yang tadi mengikuti webinar pastinya udah tau dong apa aja yang dibahas saat Virtual Talk dilaksanakan , tapi untuk kalian yang ga bisa ikut nih, kalian tenang aja. Dengan pasti aku bakalan ngeshare apa aja sih yang dibahas di webinar ini. 

Jadi, kalian tetap stay yah.

Selamat membaca.

Jika kita membahas tentang bisnis pastinya kalian sudah tau apa itu bisnis karna di blog sebelumnya juga kita sudah sering membahasnya. Tapi disini aku akan bahas kembali tentang bisnis online.

Untuk pemateri yang pertama yaitu disampaikan oleh Kang Randi, disini kang Randi menjelaskan bahwa dari mulai 2017 hingga 2020 pengguna internet di dunia itu semakin meningkat , dan pada 2021 ini pengguna internet masihdalam survei apakah akan meningkat kembali atau sebaliknya.

Disini juga kang Randi membahas perbedaan dari DROPSHIPPER & RESELLER

Apa aja sih perbedaannya ?

Perbedaan pada Dropshipper

Jika kita menjadi dropshipper kita tidak perlu pusing memikirkan stok barang, karena semuanya sudah di urus oleh supplier.

Kita juga tidak perlu pusing mengurus pengiriman.

Tidak ada kata rugi jika produk tidak terjual.

Bisa bekerja sama dengan banyak supplier sekaligus.

Tidak mengetahui kondisi fisik dari produk

Sedangkan Reseller pula

Mengetahui fisik produk

Siap modal. Modal bisa ditentukan supplier

Bisa menentukan harga jual sendiri

Pengemasan dan pengiriman diatur sendiri dan bekerja sama dengan supplier

Adapun tips untuk kita mencari Supplier

Pastikan kualitas produk yang bagus.

Metode pembayaran yang di sukali customer.

Ada kebijakan dalam pengembalian barang.

Cari harga supplier termurah.

Respon supplier cepat dan dapat di percaya.

Jadi sedikitnya itu adalah pembahasan yang di sampaikan oleh kang Randi. Untuk selanjutnya pembahasan ini di sampaikan oleh bapak Yudi Rusmawan. 

Pengalaman kerja dan bisnis beliau bisa kita jadikan sebagai motifasi agar kita juga bisa membangun bisnis hingga sukses. Beliau memulai bisnis dari bisnis fasion sampai dengan bisnis sewa penginapan.

Disini pak yudi memberikan kita 3 jurus membangun bisnis online. Apa aja sih jurusnya?

Membangun Digital Asset/website, contohnya seperti membuat SEO, Blog dan Content.

Membangun Personal Branding/Followers, Followers bisa kita dapatkan di berbagai social media contohnya seperti Facebook, Telegram, Instagram, Youtube, Tiktok, Linkedin, WA, dan Twitter. Adapun cara untuk Membangun Personal Branding

Promosikan diri anda

Maksimalkan kekuatan

Sharing dahulu baru seling kemudian

Membangun komunitas

Memilih produk sendiri/ Partner. Jadi kita bisa memilih apakan kita akan menggunakan produk yang kita keluarkan sendiri atau kita akan berkolaborasi dengan orang lain.produk tersebut pula bisa berupa fisik ataupun digital.

Bapak yudi juga mempunyai sebuah motto dari dulu hingga sekarang yang dia pegang teguh mottonya tersebut, mottonya yaitu “Do The Best” dalam setiap langkah yang di lakukan dan selalu berfikir positif. Dari motto beliau kita bisa mengambil manfaatnya dan juga kita bisa mengikuti motto dari beliau, bahwa kita harus selalu berfikir positif, dimanapun kita memulai bisnis maka kita harus konsisten, kita harus tetap semangat meskipun kita sedang kuliah tapi kita juga harus mencari ilmu dimana saja, jika kamu tidak mau bergerak dan juga berputus asa mungkin beberapa tahun kedepan kamu tidak akan mendapatkan hasil apapun.

Nah guys, jadi gimana nih ? banyak banget kan manfaat dari pembahasan webinar kali ini. Dan mungkinm cukup sekian juga pembahasanku kali ini, semoga kalian bisa termotifasi dengan pembahasan ini semua.

Terimakasih semuanya see you next time.




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar