Forum Diskusi Informatika

By AriniNurf - 23:24


INFORMATIKA NGAPAIN AJA SIH? 

Penulis : Divisi Kepenulisan UKM Media Kampus

Halo temen-temen!! Kali ini akan ngebahas hasil diskusi kita kemarin tentang Informatika dengan pemateri pak Hendra Sandi Firmansyah salah satu dosen STMIK JABAR. Kegiatan forum diskusi ini diselenggarakan oleh UKM Media Kampus STIMIK JABAR loh. Pembahasan didalamnya sangat menarik yang mungkin akan membantu khusus nya para pelajar yang mau melanjutkan pendidikannya. 

Nah, dilihat dari perkembangan zaman sekarang, perkembangan teknologi informasi ternyata dapat memudahkan manusia untuk beraktifitas contohnya melihat berita, menambahkan relasi, daftar pertemanan lebih pesat tentunya dan mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya. Sebab, hampir setiap ranah kehidupan dapat dimasuki informatika.
 
Apalagi sekarang yang sedang memulai untuk menginjak ke tahun pelajaran baru. Siswa-siswi mulai memulah-milih perjalanan mereka selanjutnya. Sebagian bingung dengan jurusan yang akan mereka jalani. Namun dapat diperhitungkan salah satu jurusan yang sedang naik daun dikalangan para pelajar adalah jurusan berbau teknologi lhoo. Contohnya jurusan teknik informatika yang menjadi salah satu jurusan paling diminati pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019.

Nah, buat kalian yang masih bingung Informatika itu ngapain aja sih? Yuk kita bahas lagi sama-sama di sini. 

"Congratulation, you are about to exploring unlimited path" ucap pak Hendra sebagai pemateri forum diskusi. 

Ucapan selamat menjadi kata pertama saat pembahasan.  Karena dengan informatika kalian akan bereksplorasi dari dunia yang tanpa batas. Nih,  fakta-fakta yang kalian harus ketahui tentang informatika :
  • 600.000 kebutuhan tenaga IT/tahun;
  • 17.000.000 kebutuhan tenaga IT sampai tahun 2020; dan
  • >100 profesi berbasis IT. 
Dilihat dari fakta-fakta tersebut sudah tergambarkan kan peluang kita untuk kedepannya. Informatika ternyata sangat berpengaruh juga pada perkembangan zaman sekarang. Karena khususnya di Negera Indonesia ini memang masih terbilang kekurangan tenaga IT nya. Makanya banyak sekarang yang mulai berlomba-lomba untuk bisa menutupi kekurangan itu. 

Selanjutnya, Revolusi Informatika. Pertama yang dapat kita lihat dari teknologinya yang paling pesat berkembang.  Seperti hardware, penggunaannya dan interkoneksinya. Kita ambil contoh dari hardware perkembangannya terlihat begitu pesat yah,  dari bentuk komputer yang begitu besar bisa memakan lahan sekitar 1 kelas. Woww besar banget berarti yah, dapat terhitung sekitar 36 ton beratnya. Namun seiring berjalannya waktu kini kita tengah diam di industri 4.0 dimana terdapat perubahan dari hardware di setiap zamannya kini kita bisa menggunakan laptop dengan ukuran yang kecil dan ringan hingga kita bisa membawanya kemana-mana. 

Selanjutnya yaitu interkoneksi berbagai disiplin ilmu contohnya Digital Economy dan Bioinformatics. Dan yang terakhir yaitu Ekspansi tiap lini kehidupan manusia seperti dari teknologi, ekonomi, sosial, hukum, informasi dll. Kita ambil contoh dari sosial. Tepat pada pandemi ini kita disuruh mengikuti kebijakan pemerintah untuk stayathome, dan sudah terhitung lebih dari 2 bulan kita menjalani nya bukan. Tentunya itu membuat kita bosan hal lain yang kita lakukan yaitu salah satunya membuat hiburan kita sendiri seperti bermain game online. Nah itu adalah salah satu teknologi yang kita gunakan pada bidang sosial. Kita dapat berteman dengan seseorang melalui satu game saja. Betul apa betul? 

Next,  yang dipelajari informatika itu apa aja? Yang pertama yaitu dipelajari dari General nya seperti teori informasi, sistem, teknologi, rekayasa perangkat lunak, matematika, algoritma dsb. Dan yang selanjutnya yaitu tentang spesicific yaitu seperti programming, system analist, web engineer, database, security, artificial intellingent dll. Semua itu pasti tak jauh dari pembahasan informatika. 

Tak salah semua yang akan kita pelajari pasti ada peluang nya. Mau itu peluang riset ataupun peluang pekerjaan. 

Peluang riset banyak hal yang bisa dimasuki oleh riset informatika sebagai riset. Contoh yang sering kita jumpai salah satunya yaitu online learning merupakan hasil dari suatu pembelajaran yang disampaikan secara elektronik dengan menggunakan komputer dan media berbasis komputer untuk mencapai hasil belajar yang specifik. 
Sedangkan peluang pekerjaan dapat kita amati ribuan pekerjaan ternyata banyak terkait dunia informatikanya seperti blogger, grapic designer, software engineer, system analyst, end user, dll. Tentu masih banyak lagi jenis pekerjaan yang terkait informatika. 

Informatika adalah sebuah ilmu yang menggabungkan teknologi informasi dan teknologi komunikasi untuk mengolah data menjadi informasi. Sesuatu yang unlimited untuk ditelusuri. Jadi, informatika memang benar jika dibilang sedang naik daun. 

Nah, teman-teman jadi itu tuh yang ada di informatika, mulai dari kita mengenalnya seperti apa sih informatika?, dari fakta-fakta yang kita ketahui tentang informatika, revolusi nya, lalu yang dipelajarinya apa saja dan peluang didalamnya. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar