KEGIATAN PPM STMIK JABAR TAHUN 2023

    STMIK Jabar telah melaksanakan kegiatan Praktek Pengabdian Masyarakat (PPM) pada tahun 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen STMIK Jabar. PPM ini terdiri dari tiga kelompok yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan juga sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus.

  • Pengalaman Kelompok  BHANU SAHWAHITA Selama Kegiatan PPM
    BHANU SAHWAHITA adalah nama grup yang memiliki arti “cahaya yang bermanfaat bagi semua orang”. Kelompok ini terbentuk pada tanggal 7 Agustus 2023 di desa Lingkung Pasir. Kelompok ini terdiri dari beberapa subkelompok yang masing-masing beranggotakan 13 atau 14 orang. 
Grup ini memiliki 2 program kerja, yakni:
  • Sebuah proyek besar yang melibatkan seluruh sub kelompok, yaitu pembuatan website untuk profil perusahaan desa Lingkung Pasir.
  • Sebuah program besar yang dikhususkan untuk masing-masing subkelompok, yaitu mengadakan seminar tentang bagaimana masyarakat desa Cihanja dapat memanfaatkan teknologi. Seminar ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai batasan teknologi dan cara memanfaatkan pemasaran digital bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) melalui internet.

    Program pertama adalah mengunjungi setiap sekolah, bertemu dengan masyarakat, mengidentifikasi UMKM di desa Cihanja, mengikuti kegiatan keagamaan, dan mengikuti kegiatan Karang Taruna di desa Cihanja. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada bulan Agustus yang merupakan bulan yang penuh dengan acara seperti kompetisi dan parade.

    Tantangan terbesar yang dihadapi kelompok selama program berlangsung adalah keengganan siswa SMA di Desa Cihanja untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kelompok ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan kesadaran untuk mendorong para siswa tersebut melanjutkan pendidikan tinggi.

    Rasa kepedulian terhadap sesama sangat kami rasakan karena masih banyak orang yang kurang beruntung dari kami. Disini kami mendapatkan banyak pelajaran tentang rasa bersyukur. Pesan dari kelompok ini adalah untuk mengajak masyarakat Desa Cihanja khususnya para remaja agar lebih tertarik pada pendidikan dan memanfaatkan teknologi serta ilmu pengetahuan yang diberikan oleh kelompok. Kelompok tersebut berharap teknologi dapat diimplementasikan secara positif dalam kehidupan sehari-hari. ~Kesan dan Pesan

  • Pengalaman Kelompok SHAKA AKSATA Selama Kegiatan PPM

    Kelompok SHAKA AKSATA adalah kelompok yang terdiri dari 14 orang dan artinya persaudaraan yang tidak pernah terputus. Kelompok ini mengikuti kegiatan PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) yang berlangsung dari tanggal 7 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 21 Agustus 2023 di Desa Lingkung Pasir, Kecamatan Cibiuk.

    Kelompok SHAKA AKSATA memiliki dua program kerja (proker) yang berhasil dijalankan selama kegiatan PPM, yaitu:

  1. Proker Pendidikan : ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) untuk melatih siswa SD di Sekolah IT Muhammadiyah. Proker ini bertujuan agar siswa SD lebih memahami tentang keuntungan dan kegunaan teknologi.

2. Proker Produk dan Kreatif : Membuat tong sampah pintar berbasis mikrokontroler Arduino. Alasan dibuatnya proker ini adalah karena di Desa Lingkung Pasir pembuangan sampah masih berserakan dan minimnya pengetahuan tentang teknologi.



    Kelompok SHAKA AKSATA menghadapi tantangan dalam menjalankan proker Produk dan Kreatif. Kelompok ini mengalami kesulitan dalam menciptakan produknya. Namun, dengan berkumpul dan fokus disatu hari untuk membahas proker tersebut, akhirnya kelompok yang berhasil mengatasi tantangan tersebut dan proker dapat terlaksana.

Selama kegiatan PPM, kelompok SHAKA AKSATA mendapatkan banyak pengalaman dan menambah persaudaraan dan juga merasa senang atas sambutan masyarakat yang sangat baik. Kelompok SHAKA AKSATA juga ingin memberikan pesan kepada masyarakat bahwa teknologi dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan membuat tong sampah pintar. Diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. ~Kesan dan Pesan 


  • Pengalaman Kelompok NAWASENA ADVENTURE Selama Kegiatan PPM
  •     Nama kelompok NAWASENA ADVENTURE memiliki arti perjalanan menuju masa depan desa yang cerah dengan semangat mahasiswa dan juga pemuda. Kelompok ini melaksanakan kegiatan pada tanggal 7 sampai 21 Agustus 2022 di Dusun 3, Desa Lingkungpasir, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut. Dusun 3 dipimpin oleh Bapak Nandang sebagai Kepala Dusun 3 sejak tahun 2021. Lokasinya terletak 25 km dari pusat kota Garut dan kurang lebih 6 km dari kantor Kecamatan Cibiuk. Dusun 3 terdiri dari 4 RW yaitu RW 09, 10, 11, dan 12. Kelompok NAWASENA ADVENTURE terdiri dari 14 orang, dan strukturnya dapat dilihat di Instagram PPM kelompok 3 yang nawasena.

        Kelompok NAWASENA ADVENTURE memiliki beberapa program kerja, yaitu:

    1. Pencarian data informasi masyarakat yang ada di dusun 3 terkait bidang pendidikan dan kreatif/produktif.
    2. Pencarian data informasi terkait remaja untuk melakukan pedagogi anggota komunitas.
    3. Workshop/seminar kepada remaja tentang cara melakukan teknologi yang baik.
    4. Workshop/seminar tentang e-commerce.
    5. Membuat komunitas IT remaja di dusun 3.
    6. Pembuatan rencana nama di jalan dan juga gang untuk petunjuk arah.
     


        Alhamdulillah, semua program kerja kelompok NAWASENA ADVENTURE terlaksana dengan baik. Namun, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, seperti bekerja sama dalam menyelesaikan program kerja dan berbaur dengan masyarakat yang ada di sana.



    Kegiatan PPM kelompok NAWASENA ADVENTURE memberikan banyak pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan. Kelompok ini merasa memiliki banyak keluarga dan warga yang menganggap mereka sebagai anak sendiri. Meskipun terdapat banyak masalah dan tantangan, kelompok ini berhasil menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Kegiatan ini memberikan banyak kesan senang bagi mahasiswa.~Kesan dan Pesan


    Pada penasaran gasih apa saja keseruan yang ada disaat kegiatan PPM berlangsung?? Ayo kepoin akun instagramnya sekarang!!!











    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "KEGIATAN PPM STMIK JABAR TAHUN 2023"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel