MEMBANGUN KARAKTERISTIK MAHASISWA YANG MEMPUNYAI AKHLAKUL KARIMAH

 


MEMBANGUN KARAKTERISTIK MAHASISWA YANG MEMPUNYAI AKHLAKUL KARIMAH

Hallo sobat blogger MK semuanya, gimana nih kabarnya ?
Wahh udah masuk bulan desember nih sebentar lagi kita akan berganti tahun, pasti banyak dong planning yang udah kita siapkan untuk tahun yang baru.

Nah teman-teman pembahasan kali ini yaitu
Dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW STMIK Jabar bekerja sama dengan LDKMIS mengadakan acara webinar yang bertema kan " Membangun Karakteristik Mahasiswa Yang Mempunyai Akhlakul Karimah " Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 November 2021 secara virtual. Susunan acara yang pertama yaitu pembukaan lanjut ke pembacaan ayat suci alqur'an oleh kak rimayanti dilanjut kembali sambutan dari bapak karim dan juga dari ketua STMIK JABAR yaitu bapak Kosidin,S.T.,M.Kom, selain itu juga ada sambutan dari ketua BEM STMIKJABAR yaitu Kak regina dan yang terakhir yaitu sambutan dari ketua LDKMIS yaitu kak puri dan berjalannya acara ini di pandu oleh kak Salsabila sebagai MC dan juga kak Rismayanti sebagai Moderator.
Dalam acara kali ini ada 2 pemateri yang menyampaikan materi tentang Akhlakul Karimah, yang disampaikan oleh bapak Husni Mubarak dan juga Bapak Manap Ardiansyah. Yang pastinya pembahasan ini sangat menarik dan juga sangat bermanfaat untuk kita semua.

Materi kemarin yang di sampaikan bertema "Akhlakul karimah sebagai kekuatan super power manusia " kali ini kita akan mengulas sedikit pembahasan yang kemarin di sampaikan.

Tapi sebelumnya ada yang tau gak sih Apa kekuatan super power manusia hari ini ?

Kita bahas sama sama yu.

Misi utama Nabi

dalam hadist yang berbunyi 

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَق

" Sungguh Aku Diutus Menjadi Rasul Untuk Menyempurnakan Akhlak Yang Mulia "

Nabi Muhammad Muqoddimah bagi alam semesta

Misi utama sosok ini yang hendak menyempurnakan peradaban manusia yang berahlak mulia sebagai rahmat untuk semesta alam diwujudkan dalam wahyu pertama. ketika mereka menerima perintah pertama yang diterimanya di gua hira, isinya berupa iqra' (bacalah).

inilah cikal-bakal munculnya peradaban islam. Lewat ilmu pengetahuan Misi Muhammad melintasi batas wilayah, zaman dan generasi. Itu sebabnya iqbal , cendikiawan besar dari pakistan, menulis bahwa " Muhammad adalah mukadimah bagi alam semesta".

Pengertian Akhlak

Akhlaq berasal dari kata khuluq, yang berarti watak, tabiat, budi pekerti , perangai

Ruang lingkup berahlak baik

1. Allah

2. Sesama Manusia

3. Negara

4. Lingkungan

5. Dll

dalam hadist berbunyi

اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ 

"Bertakwalah kepada Allah di mana pun berada, iringilah perbuatan buruk yang sudah dilakukan dengan perbuatan baik yang dapat menghapusnya, dan berahlaklah kepada orang-orang dengan ahlak yang baik. (HR AT-TIRMIDZI)."

Hadits ini menerangkan tentang kewajiban seseorang untuk mempedulikan etika sosial. Nabi menyampaikan pesan tersebut setelah berseru agar manusia bertakwa kepada Allah di mana pun berada: di masjid, di sawah, di kantor, di trotoar, di pasar, di warung, di lembaga pendidikan, di forum dakwah, dan lain sebagainya. Ketakwaan yang isikamah, tak pandang tempat maupun waktu.

Rasulullah juga berpesan dalam hadits itu untuk tidak membiarkan keburukan berlarut-larut, dengan menggantinya dengan perbuatan baik. Para ulama mengaitkan kalimat wa khâliqin nâsa bi khuluqin hasanin sebagai imbauan tentang pergaulan sosial yang baik, sesuai arti yang tersurat: berakhlaklah kepada masyarakat dengan akhlak yang baik.


Syekh Nawawi al-Bantani, mengartikan berakhlak kepada masyarakat sebagai:

 هُوَ مُوَافَقَةُ النَّاسِ فِيْ كُلِّ شَيْئٍ مَا عَدَا الْمَعَاصِيْ

Artinya: Berakhlak yang baik adalah mengikuti konsensus/tradisi dalam segala hal selama bukan kemaksiatan. (Syekh Nawawi al-Bantani, Syarh Sullam al-Taufiq, halaman 61)


Al-Imam al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad mengatakan:

 وَحُسْنُ الْخُلُقِ مَعَ النَّاسِ أَلَّا تَحْمِل النَّاسَ عَلَى مُرَادِ نَفْسِكَ، بَلْ تَحْمِل نَفْسَكَ عَلَى مُرَادِهِمْ مَا لَمْ يُخَالِفُوا الشَّرْعَ

Artinya: Husnul khuluq (berakhlak yang baik) kepada masyarakat adalah engkau tidak menuntut mereka sesuai kehendakmu, namun hendaknya engkau menyesuaikan dirimu sesuai kehendak mereka selama tidak bertentangan dengan syariat

Wahh sangat menarik sekali bukan, nah mungkin pembahasan kali ini cukup sekian, terimasih karna sudah selalu stay di blog kami, tunggu informasi dan pembahasan selanjutnya yah.

See you next time 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "MEMBANGUN KARAKTERISTIK MAHASISWA YANG MEMPUNYAI AKHLAKUL KARIMAH"

  1. Terima kasih sudah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat
    Kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel