Webinar series part2

 Webinar Series

Pendidikan Daring di Masa Pandemi


Hallo sobat blogger MK semuanya

Wah, makin semangat aja nih nungguin kita memberikan informasi yang terbaru.

Oke teman-teman kali ini kita masih membahas tentang Webinar Series yang dilakukan dihari kedua pada tanggal 11 September 2021, dengan pemandu atau moderator yang sama yaitu kak Regina dan juga Kak Nurhayati nih. Untuk Narasumber dihari kedua ini yaitu Ibu Devi Karsiti Nur Solihat, S.Pd., yang membahas tentang Pendidikan Daring di Masa Pandemi.

Melakukan pendidikan secara daring mungkin akan banyak mahasiswa yang mengeluh, karna mengantuk,sinyal yang jelek,kuota habis,tidak ada teman, bosan, yah itu semua pasti dialami oleh semua mahasiswa, gak cuman mahasiswa aja nih tapi guru dan juga dosenpun sama.

Dari pembahasan materi kemarin kita akan bahas sedikit disini.

Pada saat daring dilakukan itu pastinya akan selalu ada drama dalam pembelajaran, 5 menit pada saat daring dilakukan semua mahasiswa akan bersemangat untuk memulai pembelajaran, tapi 10/20 menit kemudian datang rasa bosan yang membuat kita jadi mengantuk dan akhirnya tidak fokus pada pembelajaran, dan pada akhirnya orang tualah yang harus turun agar anaknya kembali terfokus pada pembelajaran yang di jelaskan.

Saat pembelajaran daring ini banyak sekali problem yang dialami oleh mahasiswa ataupun dosen, contohnya seperti disaat seorang dosen atau guru bertanya kepada kita apakah kita mengerti dan paham tentang apa yang dijelaskan, pastinya ada beberapa orang yang menjawab paham tapi kenyataannya mereka tidak paham sama sekali dengan apa yang dijelaskan oleh guru atau dosen tadi. contoh lainnya itu adalah ketika kita mendapatkan tugas,kita bukannya langsung mengerjakan tapi malah memikirkan hal lain seperti menonton drakor, melanjutkan membaca novel dan lainnya. Dan hal itulah yang membuat kita jadi melalaikan tugas sampai akhirnya tugas itu menumpuk dan tidak di kerjakan, hal tersebut dikarnakan kita lebih memilih menuruti rasa malas kita sendiri.

Perubahan yang terjadi pada pembelajaran daring ini sangatlah besar, yang saat dulu jika kita akan pergi sekolah pastinya orang tua kita mengantarkan kita hinga masuk kedalam sekolah, tapi sekarang murid menjadi malas karna bosan dan akhirnya orang tuanyalah yang harus mengerjakan dan mungkin itu yang membuat kebanyakan orang tua sekarang menjadi lebih emosional.

Berikut ini adalah contoh Fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh yang sering di gunakan untuk belajar daring

  1. Akses ke Pembelajaran Daring

  • Rumah belajar
  • Google for Education 
  • Zenius.net
  • Ruang Guru

Dan masih banyak yang lainnya

2. Sumber Belajar Digital

  • Video Pembelajaran
  • Membaca Digital
  • Bahan ajar
  • Jurnal daring
  • Buku digital

Dan banyak lainnya


3. Siaran Pembelajaran Melalui TV dan Radio

  • TVRI
  • tvEdukasi

  • RRI
  • Suara edukasi AM 1440 KHz

Dan ini adalah Dampak Negatif dari pembelajaran daring

  1. Ancaman putus sekolah
  2. Peluang kekerasan terbuka
  3. Keterbatasan smartphone dan KUOTA INTERNET

Selain dampak negatif ada juga loh dampak positifnya

  1. Memiliki banyak waktu bersama keluarga
  2. Lebih mudah mengakses materi
  3. Belajar dengan santai
  4. Berkembangnya teknologi

Bagaimana sih jurus yang kita lakukan saat pembelajaran di masa pandemi ?

  1. Menyusun strategi pembelajaran
  2. Menentukan teknologi yang digunakan
  3. Mensosialisasikan proses pembelajaran
  4. Monitoring proses belajar
  5. Refleksi 

Tapi pada saat daring ini juga kita semua mendapatkan hikmahnya mau itu guru ataupun mahasiswa, nah gimana nih kalo sama teman-teman apakah masih banyak mengeluh jika melakukan daring? Come on guys kita gaboleh banyak mengeluh ingatlah tujuan kita untuk belajar, jadi nikmatilah semua prosesnya dan dapatkan hasilnya.

Sekian aja nih pembahasan dari kami semangat selalu untuk kalian semua, meskipun kita belajar secara online kita tidak boleh menyerah, harus terus berusaha dan semangat.

Selalu tunggu info terbaru di blog kita selanjutnya, see you.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Webinar series part2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel