Mahasiswa Seringkali INSOMNIA, Kenapa ?



Hallo temen-temen mungkin dari sebagian kalian pernah ngalamin insomnia ? kayanya sudah bukan hal yang biasa lagi ya hihi, Yuk Kenali Penyebab Insomnia yang Mungkin Kamu Alami.

1. Bertambahnya Usia

Kondisi ini terjadi akibat ritme sirkadian (bertugas untuk mengatur jam biologis tubuh, yakni jam yang mengatur waktu untuk kamu tidur dan bangun) menjadi lemah seiring bertambambahnya usia, hal ini menyebabkan jam biologis tubuhmu menjadi terganggu.

2. Tidur Siang Terlalu Lama

Kondisi lama tidur siang bisa menyebabkan kamu susah tidur pada malam harinya. Sebaiknya kamu tidur siang hanya 10-20 menit, tidak lebih dari itu. Waktu tidur siang juga tidak boleh lebih dari pukul 3 sore.

3. Minum Kopi Malam Hari / Menjelang Tidur

Kopi mengandung zat kafein yang bersifat stimulan (meningkatkan kewaspadaaan). Efek stimulan dapat muncul 15 menit setelah konsumsi, butuh sekitar 4-8 jam efeknya hilang dari tubuh. So, kopi tidak disarankan minum di malam hari sebelum tidur.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsu Minuman Berkafein

Tidak hanya salah waktu, minum kopi terlalu banyak juga bisa membuatmu susah tidur. Karena, semakin banyak kopi yang kamu minum, akan semakin tinggi asupan kafein yang akan kamu dapatkan. Asupan kafein untuk orang dewasa 400mg per hari, atau sekitar 4 cangkir kopi seduh. Jika minum lebih dari 4 cangkir, tanggung sendiri resikonyayaaa >.< FYI, Kafein tidak hanya terkandung pada kopi saja, tapi juga ada pada teh, soda, minuman berenergi, dan minuman bersoda.

5. Minum Alkohol dan Merokok Menjelang Jam Tidur

Pada rokok terkandung nikotin yang bersifat stimulan dan dapat mengganggu tidur. Sementara alkohol memang bisa membantumu tertidur. Tapi, minuman ini mencegah tahap tidur jadi lebih nyenyak sehingga kamu jadi mudah terbangun pada tengah malam

6. Fisik Tidak Aktif di Siang Hari

Kurangnya aktivitas pada siang hari bisa membuat anda tidur siang lebih lama. Akibatnya, anda bisa susah tidur pada malam harinya.

7. Sibuk Bermain Gadget Menjelang Tidur

Menurut situs Cleveland Clinic, ada faktor yang membuat ponsel menjadi penyebab insomnia, yakni :

- Cahaya biru dari layar ponsel/gadget dapat menekan hormon melatonin, yaitu hormon yang mengontrol jam biologis tubuh. Otak akan menangkap dan mengartikan sinar tersebut sebagai pertanda hari masih terang sehingga kamu tidak mengantu. Akibatnya kamu tidak dapat tidur pada malam hari.

- Memainkan gadget membuat otak jadi lebih aktif. Efeknya ini bisa membuat otak jadi lebih sibuk, dan anda lebih terjaga. Akhirnya mata Anda jadi lebih sulit terpejam.

- Menelusuri media sosial lewat ponsel bisa mengganggu tidurmu, karena kamu bisa saja merasa cemas atau kesal setelah membaca berita atau melihat postingan teman yang membuatmu iri. Perasasaan kesal dan cemas inilah yang bisa membuatmu sulit tertidur.

8. Terlau Banyak Makan di Malam Hari

Perut yang kenyang ini tidak membuatmu tidur dengan nyaman. Sebaliknya, makan langsung tidur bisa mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya perutmu bisa terasa mules atau ada sensasi panas pada dada. Gangguan ini akan semakin bertambah buruk jika makanan yang kamu konsumsi rasanya pedas. inilah sebabnya, makan kebanyakan  bisa menjadi insomnia yang mungkin tidak kamu sadari. Jika kamu makan saat malam hari, pastikan untuk memberi jeda sekitar 2 hingga 3 jam. 

9. Jam Tidur Yang Berbeda Saat Hari Kerja dan Hari Libur

Kondisi yang memiliki sebutan "Social Jet Lag" oleh para ahli, terjadi karena kamu secara efektif memaksa tubuhmu 1 untuk beralih antara 2 zona waktu yang berbeda setiap minggunya, bekerja lembur, atau bekerja berganti shift.

10. Kamu Sedang Stress

Untuk dapat tidur dengan nyenyak maka otak dan tubuhmu harus dalam kondisi tenang dan rileks, tapi kamu sedang stres dengan pekerjaan, tugas sekolah, kesehatan, keunagan, hingga keluarga. Kamu akan sulit tidur dengan nyenyak dan akan semakin stres akibat susah tidur. 

11. Kurang Paparan Sasaran Matahari

Jam biolgis tubuhmu bisa saja melemah karena kamu kurang paparan sinar matahari. Perlu kamu ketahui bahwa cahaya memainkan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian, produksi hormon, dan menjaga siklus tidur.

12. Punya Penyakit Mental

Orang yang memili gangguan kecemasan, depresi, dan PTSD sangat mungkin kesulitan untuk memulai tidur, tidur dengan nyenyak atau bangun sangat pagi dan sulit untuk kembali tidur. Kondisi ini terjadi, akibat suasana hati mereka yang buruk, trauma dan rasa takut yang muncul ketika ingin tidur, dan otak yang sibuk memikirkan berbagai hal negatif karena merasa sangat cemas.

13. Efek Samping Obaat-Obat Tertentu 

Beberapa obat bisa menjadi penyebah insomnia. Diresepkan dokter (antidepresan, obat asma, obat hipertensi). dan tanpa resep dokter (obat pereda nyeru, antihistamin, obat flu, dan obat penurun berat badan).

14. Mengidap Penyakit Kronis

Contoh penyakit kronis yang bisa menyebabkan susah tidur :

- Diabetes (tubuh tidak mampu mengatur gula darah tetap normal).

- Arthitis (peradangan sendi)

- Penyakit yang menyerang saraf dan otak : Parkinson dan Alzheimer,

- Asma (peradangan pada saluran pernapasan)

15. Punya Gangguan Tidur

- Sleep Apnea, seseorang berhenti bernapas beberapa detik ketika sedang tidur, lalu terbangun dengan nafas terengah-engah dan kaget.

- Sindrom kaki gelisah, menimbulkan sensasi gatal, terbakar dan kesemutan pada kaki dan terbangun dari tidur.


Mungkin masih banyak penyebab lain yang berbeda dari temen-temen insomnia alami, bloeh reply atau komennn yak biar sama-sama sharing hihi \=D/


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mahasiswa Seringkali INSOMNIA, Kenapa ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel