Kuliah sambil Bisnis

By AriniNurf - 07:19


Strategi Sukses dalam Berbisnis sambil Kuliah

Penulis : divisi kepenulisan
UKM Media Kampus

Hallo teman-teman semua!!!
Makasih yah semuanya sudah setia membaca.

Nah teman-teman kali ini aku mau bahas tentang Strategi dalam Berbisnis sambil Kuliah. Buat kalian yang kemarin mengikuti Virtual Talk tentang Kuliah Sambil Bisnis dengan pemateri nya Kang Diash Firdaus,S.T. pastinya sudah paham kan. 

Dan buat kalian yang ketinggalan mengikuti Virtual Talk jangan risau yah. Sedikit nya disini aku mau bahas kembali nih.

Yuk segera siapkan diri kalian, duduk dengan rileks dan coba cermati pembahasan ini. cekidot

Karena disini ada kata “Bisnis”, aku mau tanya nih. Sebelumnya kalian suka bisnis gak sih?. Dan bisnis apa sih yang kalian suka?. Setelah aku amati, ternyata banyak juga loh yang suka bahkan minat untuk berbisnis. Apalagi untuk mahasiswa. Pasti lumayan kan jika kalian punya bisnis. Kalian bisa mendapatkan tambahan uang di kesibukan kuliah kalian. 

Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat)dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan atau laba.

Kalian tau gak sih? Dalam hal bisnis, diperlukan strategi marketing yang baik dan menarik. Selain iitu, ketika kita memasuki dunia bisnis, kita akan mengenal istilah untung dan rugi. Kebanyakan orang memulai bisnis itu pasti takut bisnisnya rugi, takutnya persaingan dan lain-lain. Tetapi itu adalah hambatan yang harus kalian lalui teman-teman. Agar menjadi pelajaran dalam membangun bisnis yang lebih baik lagi.

Nah aku kasih tau nih langkah pertama yang kalian harus lakukan ketika ingin mempunyai bisnis yaitu Memulailah dulu. Niatkan dan tekadkan yah.

Ketika kita memulai terlebih dahulu, maka kita akan merasakan dan mendapatkan berbagai macam pelajaran hidup, terutama dalam berbisnis. Makanya jangan takut-takut yah, karena semuanya butuh proses. Menjalani sambil belajar sudah sangat baik untuk menjalankan sesuatu, khususnya dalam membangun bisnis yang sukses. Betul apa betul?

Okeh untuk memulai bisnis yang sukses disarankan untuk memilih produk yang kalian sukai. Karena jika kita menanamkannya, maka tidak ada tuh yang namanya bosan-bosan ketika kalian sedang menjalankan bisnis nya.

Dalam berbisnis ada 4 kategori yang menjadi unggulan masyarakat dalam kebutuhan. Momen ini nih yang harus kalian mamfaatkan untuk membangun bisnis sesuai kebutuhan costumer.

Yang pertama, Fashion. Nah siapa yang gak tertarik dengan ini. Fashion banyak dicari tentunnya. Apalagi buat mereka-mereka yang memang berfashion mengikuti perkembangan zaman.

Kedua, perawatan atau kecantikan. Ini juga menjadi salah satu bahan yang sangat bermamfaat untuk kalian bisnis kan. Asalkan produk yang kalian jual benar-benar aman yah.

Ketiga, produk kesehatan dan kebugaran tubuh, ini juga menjadi salah satu produk yang sangat banyak dicari orang banyak nih.

Dan yang keempat yaitu makanan dan minuman, kalo ini benar-benar sudah banyak yah, buat kalian yang jago untuk mengolah bahan-bahan makanan mentah menjadi jajanan yang menarik sangat anjuran juga nih teman-teman.

Berikut tips untuk memulai bisnis
1. Jangan pernah takut jatuh atau gagal
Ubahlah mindset kita. Karena terkadang, apa yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi di masa yang akan datang. Maka teruslah berpikir yang baik-baik untuk kehidupan kalian guys.
2.. Jangan dengarkan omongan orang lain
Fokus pada tujuan utama kita, jangan sampai tergoyahkan sedikitpun oleh omongan orang lain, maupun dalam suatu tekanan. Jangan pernah berhenti ditengah ketika kalian sudah memulainya.
3. Tanamkan prinsip / sambil belajar
Karena kehidupan ini tak lepas dari kata belajar. Karena belajar adalah bahan untuk update diri kita untuk lebih baik lagi dari sebelumnya. Tanamkan prinsip dalam membangun bisnis yaitu sabar, ikhlas dan berjuang.

Setelah kita memulai bisnis, kita harus memikirkan strategi untuk bisnis kita menjadi sukses.
Berikut tips untuk membangun bisnis yang sukses
1. Serius
    Serius atau fokus adalah hal yang sangat penting dalam mengerjakan sesuatu. Terutama dalam membangun bisnis yang sukses.
2. Jangan terpaku pada target
    Jangan terpaku pada target, karena ketika target kita tercapai, kita malah akan timbul rasa malas. Maka teruslah berjuang dengan sebaik-baiknya untuk sukses nya bisnis yang kita jalani.
3. Prioritaskanlah hal yang bersifat darurat atau penting
    Ketika kita menjalani bisnis, perlu-perlulah pandai membagi waktu dalam membedakan prioritas utama dan kedua. Khususnya yang sedang kuliah sambil berbisnis nih.
4. Berjuang untuk sukses mengangkat diri dan orang-orang kita sayangi
    Sebab pada saat kita naik daun bukan hanya diri kita saja yang terangkat, namun orang-orang kita sayangi pun ikut terpengaruh. Orang-orang yang selalu mendukung kita pun akan dapat manisnya. Nama teman-teman kita pun juga akan terangkat.
5. Be Fastest (jadilah yang tercepat)
    Jadilah yang tercepat karena yang tercepat tentunya akan mudah untuk mencapai suatu tujuan.
6. Start First (Mulai yang pertama)
    Mulailah menjadi yang pertama, jangan sampai tertinggal jauh dalam melakukan sesuatu.
7. Be Unique (Jadilah unik)
    Karna terkadang yang beda itu sangat menarik. Maka jadilah yang beda, jadilah yang unik.

Teman-teman aku juga dapet tips nih dari kang Diash selaku pemateri pada saat Virtual Talk kemarin.
Mari simak tips bisnis via instagram:
1. Buat akun untuk berjualan. Disarankan akun pribadi;
2. Teruslah untuk post upload produk kalian (Video,Story dan DM);
3. Jika followers kita sedikit, disarankan untuk bekerja sama dengan orang yang memiliki banyak followers untuk mempromosikan nya; dan
4. buatlah hashtag (#) toko dan produk kita .

Ketika kita belum mempunyai produk buatan kita sendiri, gak usah khawatir, karna kita bisa menjadi reseller atau dropshiper.
Berikut tipsnya untuk menjadi reseller atau dropshiper;
1. Tentukan target market;
2. Pilih produk yang cocok;
3. Buatlah list langkah kerja kita;
4. Menulis goal/reward;
5. Bangun branding pembeda;
6. Gabung market place reseller.

Dan guys itu sedikitnya pembahasan yang aku bahas kali ini. Aku harap ini bisa menjadi bahan kalian untuk memulai bisnis. Dan semoga jangan bingung-bingung lagi yah buat kalian yang ingin berbisnis namun sedang kuliah. Itu bukan lagi alasan untuk kita tidak memulai bisnis.

“Waktu kita sama, yang membedakan kapan kita memulai” ujar kang Diash Firdaus.

Okeh teman-teman, semoga pembahasannya bermamfaat buat kallian dan ada juga perubahan buat kalian.
Sekian dari aku.
See you next time semuanya.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar