Yuk Kita Bahas: Apa Itu Pandemi, Epidemi dan Endemi?

By Regina Arifani - 02:50




Hallo, Setiap postingan blog yang Saya unggah akan membahas suatu hal, hal apa itu? Entahlah apa saja yang sekiranya mampu Saya bahas dan tulis. Maka dari itu setiap postingan akan di beri judul "Yuk Kita Bahas", do'akan semoga Saya dapat konsisten ya.

Karena sekarang kita sedang mengalami masa-masa berada di rumah dan hampir di semua media sosial ataupun layar kaca pasti membicarakan Covid-19, Saya jadi ingin membahas tentang yang berhubungan dengan Covid-19 nih, Rasanya sudah tidak asing ya mendengar kata Pandemi?

Tapi kamu tau gak apa itu Pandemi?

WHO (World Health Organization) menetapkan bahwa Covid-19 sebagai Pandemi, yang berarti epidemi yang sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia dalam jumlah besar dan berkelanjutan.


Sejarah mencatat bahwa dunia pernah mengalami beberapa pandemi Salah satu pandemi yang paling membuat panik adalah Black Death (maut hitam) pada abad ke-14 yang menewaskan sekitar 75–200 juta orang.

Pandemi saat ini adalah HIV/AIDS dan penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Pandemi terkenal lainnya di antaranya pandemi influenza 1918 (flu Spanyol) dan pandemi flu babi 2009 (H1N1).

Nah, apa itu Epidemi? Epidemi adalah kondisi mirip dengan wabah yang menyebar di suatu wilayah yang lebih kecil dari persebaran pandemi. Contohnya wabah penyakit ebola di benua Afrika, penyakit zika yang bermula di Brazil meluas ke sebagian besar negara negara Amerika Selatan lainnya.

Membahas tentang Pandemi dan Epidemi rasanya kurang jika tidak membahas Endemi, lalu apa itu Endemi? Endemi adalah penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu dan biasanya menetap. Contoh penyakitnya adalah malaria di Papua.

Nah itu dia pembahasan tentang Pandemi, Epidemi dan Endemi. Semoga kita bisa sama sama menambah pengetahuan ya. Silakan komentar di kolom bawah jika ada yang ingin dikomentari atau jika kamu ingin request membahas suatu hal.

Terima kasih, Tetap jaga kesehatan ya dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.




Kamu bisa menemui tulisan Saya yang lain di sekadarmenuliskan.blogspot.com

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar