Menyusuri Perjalanan Sidang Sempro dan Kerja Praktek di STMIK Jabar 2024

 Pada hari Sabtu, 09 Maret 2024, STMIK Jabar menjadi saksi dari perjalanan menarik para mahasiswa dalam menghadapi dua tantangan penting, yaitu Sidang Sempro dan Kerja Praktek. kali ini, kita akan menyusuri perjalanan mereka, mulai dari persiapan hingga kesan dan pesan yang mereka berikan pasca setelah sidang. Namun sebelum itu, mari kita simak penjelasan mengenai Sidang Sempro dan Kerja Praktek berikut ini!

Sidang Seminar Proposal (Sempro) dan Kerja Praktek (KP) merupakan momen penting dalam perjalanan pendidikan mahasiswa di STMIK Jabar. Dua kegiatan ini tidak hanya menjadi syarat untuk menyelesaikan studi, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari di dunia nyata.

Sidang Sempro menjadi titik awal bagi mahasiswa untuk mempresentasikan ide dan rencana penelitian mereka kepada dosen dan rekan sejawat. Proses ini tidak hanya menguji pemahaman mereka tentang topik penelitian, tetapi juga kemampuan berkomunikasi dan argumentasi. Sementara itu, Kerja Praktek memungkinkan mahasiswa untuk merasakan langsung lingkungan kerja dan mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam situasi nyata.

Dalam menghadapi dua tantangan penting tersebut, mahasiswa harus memiliki persiapan yang matang. Salah satu peserta sidang menjelaskan bahwa penting untuk memfokuskan diri dan memaksimalkan penyampaian presentasi projek, karena hal tersebut akan berkontribusi pada keberhasilan sidang.

“Kalau kesannya sih, lebih ke nervous dan ada rasa overthinking yang terus membayangi pikiran saya. Soalnya baru pertama kali juga saya mengikuti sidang akademik yang diuji secara langsung oleh dosen-dosen profesional. Meskipun begitu saya memfokuskan diri untuk memaksimalkan penyampaian hasil projek saya, dan kebetulan saya mengikuti program MSIB di PT Hendevane Indonesia dan alhamdulillah mendapatkan nilai yang memuaskan. Untuk pesannya saya tujukan kepada rekan-rekan saya yang belum sidang untuk segera mendaftar sidang dan jangan overthinking, jalani saja yang paling penting harus menguasai materinya”.~Rifky Rifatul Aziz(Semester 6)



“Kalau kesan dan harapannya buat seminar proposal alhamdulillah lancar, dapat penguji yang agak menantang tapi itu bikin saya tahu ternyata laporan yang saya susun itu banyak revisinya selama sidang. Jujur, seru karena pengujinya juga membawa kesan yang santai, tidak membuat deg-degan. Berharap makin lancar sampai skripsi dan wisuda. Pokoknya mantap! Jadi pesannya buat yang sempro nanti, kalian jangan takut kalau kalian mengerti sama alur laporan kalian sendiri.” ~Tasya Fitri Sawaliah(Semester 8)

Dari kesan dan pesan yang diberikan oleh peserta sidang, terlihat bahwa Sidang Sempro dan Kerja Praktek memberikan pengalaman berharga dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja dengan baik. Kami, atas nama Media Kampus, mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang dinyatakan lulus dan untuk yang belum sidang, semoga diberikan kemudahan dan kelancaran. Semangat!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menyusuri Perjalanan Sidang Sempro dan Kerja Praktek di STMIK Jabar 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel